Berap akali Anda pernah membaca tulisan “Hello World!”?. Beberapa diantara yang baru mengenal aplikasi mungkin baru sekali atau dua kali melihat tulisan khas tersebut. Yang lainnya, terutama yang hobi bermain-main di Internet mungkin puluhan kali, ratusan bahkan ribuan kali. Tulisan “Hello World!” itu memang khas, unik, dan lama-lama karena seringny akita lihat mungkin tidak lagi menarik.

Pertama kali saya membaca kalimat “Hello World!” adalah sewaktu saya pertama kalinya belajar bahasa JAVA. Itu terjadi sekitar tahun 1996 yang sudah lama berlalu. Meskipun saya tidak lebihjauh berkiprah dalam pemrograman JAVA, tapi kalimat pembukanya sangat berkesan. Akhirnya kalimat yang merefleksikan pertama kali seseorang bisa memrogram ataupun menginstall sesuatu semisal webserver atau pun aplikasi seperti WordPress ini ummnya menggunakan “Hello World!”.

Ada gema pembebasan dan aktualisasi di balik kalimat sederhana yang terdiri dari dua kata itu. “Hello World!”, bagaikan kalimat pembebas dari kungkungan sistem dan aturan main yang dulu tidak kita miliki sebagai orang awam. Baik awam dalam tulis menulis maupun awam dalam mengekspresikan diri. Jadi, kalimat tersebut sangat eksperesif dan mewakiihasrat terpendam semua orang. Khususnya semua orang yang telah menegnal Internet dan kemudian menggunakan Internet itu semau dirinya.

Menurut saya, mungkin kebebasan berekspresi dengan media Internet merupakan salah satu alasan yang masuk akal ketika para programmer internet menuliskan kalimat “Hello World!” kepada semua orang yang memanfaatkan aplikasi buatannya itu.

Tapi tahukah Anda sipakah yang pertama kali menuliskan kalimat yang ramah itu?

Terus terang saya sendiri tidak tahu sejarahnya. jadi, tolong Anda yang kebetulan berkunjung kesini kasi tahu saya dunk….

 

Thanks.

Satu pemikiran pada “Hello world!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s