Sore kemarin, habis ngantungin uang saku bulannan😛, pulang kantor saya mampir ke penjual buku seken Blok M (dekat pintu masuk Taman Blok M itu) yang harga bukunya jatuh bebas.
Rata-rata buku yang di jual harganya murah banget. Cuma 10000 perak. Ada juga yang agak mahalan sedikit yaitu buku-buku baru yang ngetop semisal novel Ayat-ayat Cinta dan Turunannya dan Novel Laskar Pelangi serta turunannya.

Tapi harganya masih tetap termasuk murah jika dibandingkan dengan harga toko. Misalnya, hanya 25 ribu rupiah untuk novel Laskar pelangi yang masih baru . Saya beli satu untuk istri saya yang memang ngidam pengen baca novel Laskar Pelangi.

Satu buku lagi saya beli yang 10 ribu perak yaitu buku terjemahan berjudul menarik “A Whole New Mind” karangan Daniel H. Pink. Buku yang disampuli warna oranye terang itu mencolok mata saya.

Tak dinyana kedua buku itu saling berhubungan. Hanya saja diungkapkan dengan cara yang berbeda yaitu membincangkan otak kanan dan otak kiri sebagai kemampuan bagi generasi baru. Saya tak tahu apakah Andrea Hirata yang menulis Laskar Pelangi pernah baca buku Daniel H. Pink atau tidak. Tapi saya justru melihat ada kesamaan gagasan dasar yaitu tentang cara baru memahami realitas. Kalau gak percaya beli aja kedua buku yang saya sebut itu. Tapi, saya yakin buku Daniel H Pink sudah habis kalau Anda cari di sekenan Blok M. Soalnya cuma satu-satunya sih. Kalau buku Laskar Pelangi saya lihat masih ada (yang ada di Blok M bukan bajakn lho, buku asli, mungkin buku rabat 30 persen).

Saya kebet-kebet beberapa lembar buku warna orange Daneil H Pink itu. Khususnya ringkasan di halaman sampul dan penulisnya. Sekejap saya simpulkan, lumayan lah. Jadi buku itu saya beli buat bacaan liburan nanti.

Buku “AWNM” diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia oleh penerbit Abdi Tandur dengan judul “Suatu Pemikiran Baru Yang Utuh”. Saya sudah lama tak beli buku baru . Jadi ketika kulihat tahun terbitnya ternyata lumayan sudah lama juga yaitu tahun 2005 diterjemahkan tahun 2006 (tahun terbit buku versi Inggrisnya ternyata sama juga dengan buku Laskar Pelangi). Tapi biarlah soalnya isinya nampaknya menarik. Apalagi kalau membaca ringkasan yang ada di halaman sampul. Kutipannya :

“Ahli hukum, ahli radiologi, insinyur oerangkat lunak komputer, itulah profesi yang didambakan untuk kita oleh orang tua kita. Tapi orangtua membuat kekliruan. Masa depan diperuntukkan bagi insan yang berbeda dengan akal pikiran yang berbeda.”

Ringkasan singkat itu menarik ku. Makanya kubelilah buku itu. Bukunya sendiri belum kubaca tuntas. Baru halaman pengantarnya saja. Namun, dari tulisan dipengantarnya nampak buku itu semakin menarik karena membahas suatu argumen yang sejatinya BUKAN BARU tapi diaktualisaikan kembali yaitu penggunaan otak kanan dan otak kiri secara bersamaan menjadi pola pemikiran integralistik-holistik. Nah yang terakhir sebenarnya poal pikir yang sudah saya kenal setelah baca bukunya Pak Armahedi Mahzar (armahedi.multiply.com) yaitu Integralisme waktu saya masih remaja, sekitar kelas 2 SMA. Buku Pak Armahedi, dosen filsafat ITB, banyak mempengaruhi buku saya yang dipublikasikan untuk di unduh gratis di http://www.scribd.com yaitu “Kun Fayakuun Man Arofa Nafsahu Faqod Arofa Robbahu”. Versi awal e-book saya sebenarnya juga ditulis sekitar tahun 2004-2006, yang saya publikasikan di scribd.com adalah revisi ke-25.

Argumen buku Daniel H. Pink menuju kepada pengertian yang kelak disebut integralistik-holistik dimana orang tidak lagi terbelah-belah dan terparsialiasikan tapi harus berpikir dan bertindak dengan utuh, dengan otak kiri maupun kanan, tidak setengah hati tapi harus sepenuh hati dengan wawasan yang lebih luas, terintegrasi dan holistik, dna tentunya dengan hasil yang penuh makna baik bagi dirinya maupun orang lain.

Wawasan ini tentu saja sekarang dimungkinkan karena kita sudah mempunyai cara yang baru untuk meninformasikan apapun juga dengan mudah yaitu setelah konvergensi teknologi dijital terjadi. Misalnya, kalau kit anulis di Blog maka kita sebenarnya sedang men-share-pikiran kita sesuai dengan pemahaman kita.

Singkat kata buku itu berhipotesis kalau masa depan milik orang yang menggunakan otak kiri dan kananya secara bersamaan dengan seimbang sehingga semua pikiran dan tindakannya mampu menyentuh level “makna “.

Tentunya “makna tertinggi” dari kehidupannya sendiri. Jadi apa yang dijalani sesorang bukan lagi sekedar arti tapi makna yang lebih mendalam. Tentunya makna itu terkait erat dengan tujuan hidup manusia sendiri.

Nah, di wilayah kesimpulan ini saya kemudian merenungkan kembali ungkapan lama yang sudah ribuan tahun menjalar dari satu pikirna ke pikiranlainnya di muka bumi ini yaitu “yang mengenal dirinya akan mengenal Tuhannya” atau di Jawa dikenal juga padanan ungkapannya yaitu “Sangkan Paraning Dhumadi”, di Arab dikenal juga “Man arofa nafsahu, faqod arofa robbahu”.

Buku ini semakin menarik setelah saya menemukan jalan kalau apa yang dimaksudkan oleh buku yang praktis ini sebenarnya suatu pengungkapan yang identik dengan yang saya alami. Tapi gaya bahasa dan penulisannya sesuai dengan zamannya. Artinya, sudah ngepop lah, dan enak dibaca.

Karena penasaran, saya kebet halaman pembuka. Sebuah prakata yang bagus dari Samuel Taylor Coleridge tertulis :

” Saya mengenal akal pikiran yang kuat, dengan perilaku yang berkesan, yang kukuh, tapi saya belum pernah menemukan akal pikiran yang luar biasa. Sebenarnya akal pikiran yang luar biasa adalah dualistis, gabungan.”

Wah, kalimat pembukanya juga sebenarnya sudah saya kenal lama. Hanya saya diungkapkan dengan gaya bahasa yang berbeda sehingga lebih mengena dengan kekinian.

Well, okelah buku ini untuk sementara bakal menjadi teman saya di liburan 1 Mei nanti sampai Minggu. Jadi, resensi lengkapnya ntar aja ya kalau sudah kubaca tuntas.

wass
atmnd114912  

 

 

 

 

Satu pemikiran pada “A Whole New Mind

  1. Mas, boleh pinjam/sewa bukunya ga? Saya baru tau apa yang di bahas di buku itu beberapa minggu lalu di sebuah forum nasional. Saya kemudian mencari buku tersebut di beberapa toko buku, namun pencarian saya tidak membuahkan hasil.

    Salam,
    Programmer Yang Tersesat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s